Rabu, 27 Juli 2016

PROPOSAL USAHA DIMSUM





Bab 1
Pendahuluan

I.                   Latar Belakang
Di Indonesia banyak macam menu makanan yang dapat di sajikan dengan cara di kukus, digoreng, di bakar dan di panggang. Dari sabang sampai merauke Indonesia adalah salah satu Negara yang kaya akan menu-menu masakan. Sampai akhirnya kuliner dari Negara bagian barat – timur pun masuk ke Indonesia. Di Indonesia sendiri selain turis-turis yang berkunjung dan tinggal banyak pula orang-orang yang berdarah tiongkok. Dim sum (tradisional: 點心, sederhana: 点心 hanyu pinyin: dianxin) adalah istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah "makanan kecil". Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan atau brunch. Namun karena dimsum populer ke dunia dari Hongkong maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin. Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh yang disebut yamcha (Hanzi: 飲茶, hanyu pinyin: yincha).
Dalam proposal ini kami mengajukan untuk membuka usaha kuliner DIM SUM yang bernama DIM SUM BALI 80. Bahan-bahan yang digunakan semua fresh tanpa bahan pengawet. Dim Sum yang kami jual itu atas kerja sama (Franchise) dengan salah satu Dim Sum terkenal di Tangerang.
II.                Tujuan dan Manfaat
Tujuan kelompok kami dalam usaha menjual Dim Sum Bali 80 ini adalah:
1.      Menyarankan bahwa dalam melakukan usaha harus bisa menciptakan peluang usaha yang minim keberadaan kuliner.
2.      Mengenalkan makanan yang mungkin belum banyak orang tahu
3.      Menerapkan kebersamaan dan saling berpendapat dalam menentukan kesepakatan
4.      Bekerja sama (franchise) memudahkan penjualan
Manfaat Dim Sum yang kami jual:
1.      Menjadi sarapan pengganti nasi
2.      Dari berbagai rasa dan bentuk semua fresh tanpa bahan pengawet
3.      Lebih sehat dan rasa bisa di bandingkan dengan Dim Sum yang lain


Bab 2
Isi

            Dalam usaha pasti memiliki visi dan misi agar dapat memajukan usaha yang akan atau sedang di jalani. Tidak sedikit orang /pedagang harus memiliki target untuk mewujudkan apa yang sudah di rencanakan.
Visi
1.      Menjadikan salah satu produk kuliner yang layak dikonsumsi oleh konsumen
2.      Menjadikan produk kuliner yang dikenal luas masyarakat Bekasi
Misi
1.      Mengukatamakan kualitas produk
2.      Selalu mencari solusi yang terbaik demi kemajuan penjualan
3.      Memberikan pelayanan terbak untuk konsumen
Segmentasi produk
            Segmentasi adalah pembagian suatu konsumen yang heterogen ke dalam satuan konsumen yang homogen. Disini kami akan menjualkan produk ini saat CFD, Mesjid Al-Azzar Bekasi, Pasar Malam, Bazar.
Targeting
            Targeting adalah memilih salah satu atau lebih segmen pasar. Target pasar yang kami tuju adalah sebagai makanan konsumsi masyarakat umum.
Positioning
            Positioning adalah tindakan merancang produk dan bauran pemasaran agar menciptakan kesan tertentu di hati konsumen. Seperti tagline kami ialah “Dim Sum Bali 80, Sehat Kenyang Halal”
Marketing Mix
            Strategi pemasaran kelompok kami menerapkan marketing mix yang dikelompokam menjadi 4 bagian yaitu produk, harga, promosi dan tempat.
Produk
            Produk adalah segala sesuatu yang di tawarkan oleh produsen kepada konsumen agar diminta, dibeli, dicari, dan diinginkan oleh pasar yang bersangkutan. Produk yang kami tawarkan yaitu produk Dim Sum Bali 80 yang memiliki kualitas dan ras yang di jamin kelezatannya.
Harga
            Harga merupakan ekspresi nilai yang mengenai kegunaan atau kualitas produk tersebut. Citra yang di bentuk kelompok kami yaitu melalui promosi, selain itu ketersediaan produk kami melalui pelayanan yang sangat baik. Kami memberkan harga perporsi (isi 5) dengan harga Rp. 16.000,00
Promosi
            Promosi adalah upaya untuk memberitahukan produk/jasa yang bertujuan untuk menarik konsumen. Dalam usaha kami ini cara kami berpromosi ialah melalui media sosial (facebook, instagram, twitter, bbm, whatsapp)
Tempat
            Tempat adalah wadah yang digunakan sebagai tempat usaha yang akan kita jalankan nantinya. Kita harus memilih tempat yang strategis untuk mempermudah mendapatkan konsumen yang sudah ditargetkan.



Perencanaan Keuangan
a.       Estimasi Penjualan
Estimasi adalah suatu metode dimana kita dapat memperkirakan nilai dari suatu populasi dengan menggunakan nilai dari sample. Estimator adalah nilai suatu data statistic, sebagai sample yang digunakan untuk mengisi suatu parameter.
Analisa usaha Dim Sum
Modal Investasi
Peralatan Tempat (kursi plastik 3pcs)                                                 Rp.  500.000,00
Peralatan Makan                                                                                 Rp.    95.000,00
Peralatan Masak                                                                                  Rp.  400.000,00
Total                                                                                                    Rp.  995.000,00

Biaya:
Bahan-bahan utama 95 porsi x Rp. 9.000,00 = Rp 855.000 x 4hr =   Rp. 3. 420.000,00
Lapak & gas    Rp. 120.000,00 (u/ 4x) + Rp. 20.000                           Rp.      140.000,00
Total                                                                                                    Rp.  3. 560.000,00
Total biaya OP: Rp 3.560.000,00 + Rp. 995.000,00 = Rp. 4.555.000,00
Penjualan:
95 Porsi x Rp. 13.000,00 = Rp. 1.425.000,00 x 4 hari                       Rp.  5.700.000.00

Keuntungan:
Rp. 5. 700.000,00 – Rp. 4. 555.000,00 = Rp. 1.145.000,00 (Dalam 4 hari)
Rp. 1.145.000,00 : 4 hari = Rp. 286.250,00 (Dalam sehari)



Bab 3
Penutup
Demikianlah proposal ini kami buat. Kami berharap proposal ini dapat menjadi pertimbangan untuk kami memulai sebuah usaha yang kami harapkan suapaya membuka cabang bisnis yang bermanfaat serta menumbuhkan semangat berwirausaha bagi kita semua.



2 komentar:

  1. halo kak, makasih udh bantu tugasku

    BalasHapus
  2. ▪ Muhammad Afif Akasha bin Maruan, 17tahun(2022). Kanser Limfoma Hodgkin tahap 2.

    Pada Mac 2017, Afif waktu itu berumur 12tahun. Dia tiba-tiba mengalami bengkak di leher dan bawah ketiak. Dia dibawa ke Hospital Sultanah Bahiyah kemudian diminta menjalani pembedahan kecil untuk ambil tisu di leher, kemudian pada Jun 2017, dia disahkan mengidap Kanser Limfoma Hodgkin tahap 2. Dia menjalani kimo 12kali, selepas saja kimo, dia mengalami muntah, tak lalu makan,sakit badan,setiap jam kena urut. Kimo pertama dan kedua pun sama kesannya hingga tak sanggup nak teruskan kimo. Berat dia turun 2kg, semasa kimo. Datang kawan baik ibunya memperkenalkan Jutawan Herbs ,ibunya beli dan terus beri dia minum jus herba semasa rawatan hospital. Kimo ke 3 alhamdulillah dia ada selera makan, aktif balik seperti biasa, tak sakit badan lagi dan pada November 2017 iaitu kimo ke 6, berat badan Afif naik 5kg .Doktor sahkan tak ada lagi sel kanser dan sampai sekarang masih minum Herba Jutawan Herbs.
    -------------------------------

    ▪Puan Arbaayah bt Hussin, 72tahun dari Taiping. Pada tahun 2013 ,dia diserang demam, bengkak kaki dan tidak sedarkan diri. Kemudian dia ditahan di wad Hospital Taiping dan doktor mengsyaki dia diserang kencing tikus. Tapi pada 2015 dia alami tanda yang sama dan doktor mengesahkan dia menghidap Sirosis hati tahap 3. Anaknya terjumpa blog Jutawan Herbs dan dia mula guna herba sejak 2019 sampai la sekarang. Mula-mula minum tak ada sebarang perubahan, tetapi 1 bulan lepas tu barulah dia perasan ,rasa seram sejuk dan takut nak mandi selama ni dah berkurang, sampai sekarang tak ada demam dah. Kesihatan bertambah baik.

    ▪Puan Siti Saharia, 44tahun. Kanser payudara tahap 2.

    Pada bulan Ogos 2020, dia disahkan doktor menghidap kanser payudara tahap 2, selepas menjalani proses ultrasound dan biopsi. Dia melalui pembedahan mastectomy, kimo 6kali dan radioterapi 15kali. Dia kenal Jutawan Herbs dari kawan yang sakit kanser panyudara juga. Dia minum herba Jutawan Herbs pada 2020 semasa sedang kimo. Kalau dulu kesan sampingan semasa kimo sangat teruk dengan alahan, tak ada selera makan dan badan lemah. Tapi lepas minum Jus Jutawan Herbs semasa kimo, kesan sampingan sangat berkurang,mkn berselera, bertenaga dan siap boleh pandu kereta. Pendek kata boleh jalani hidup macam orang sihat. Dia tidak berharap rawatan moden saja, sampai sekarang dia terus ambil herba dan makin pulih.
    -------------------------------

    ▪Puan Roziaton bt Mohd Kasini, asal dari Triang Pahang, Kanser Usus tahap 3.

    Pada Julai 2016 ,doktor mengesahkan dia menghidap kanser usus tahap 3 dan perlu buat kimo 12x. Dia terus patah semangat kerana memikirkan anak-anak yang masih kecil. Tapi keluarganya membelikan Jus Jutawan Herbs untuk dia minum, ketahanan badannya menjadi kuat melawan kanser. Dia juga ada minum herba Jutawan Herbs dalam masa yang sama dia buat kimo. Kimo seperti biasa, tiada sakit badan,tiada demam dan lain-lain. Pada 2017 doktor sahkan dia bebas dari kanser dan hanya perlu ambil darah CEA setiap 6bulan sekali. Tak lama lepas tu doktor cakap dia hanya perlu datang ambil darah 1tahun sekali saja. Alhamdulillah dia pun dah sembuh kanser.
    ------------------------------

    ▪Puan Aida dari Pahang, anaknya mengidap Leukimia Acute Limphoblastik (ALL) .
    Pada hujung tahun 2016, anaknya disahkan menghidap penyakit Leukimia Acute Limphoblastik (ALL). Dia terjumpa blog Jutawan Herbs dan memberi anaknya minum 2jenis herba dari Jutawan Herbs sebelum masuk ke hospital untuk kimo. Lepas 3tahun ,dia perasan anaknya makin cergas ,makan bertambah dan x lesu seperti sebelum minum Herba. Dia yakin Jus Jutawan Herbs banyak membantu anaknya makin sihat.
    ------------------------------
    Call atau WhatsApp untuk order dan sebarang pertanyaan di nombor berikut :

    En. Mohd Zuhairi Bin Noordin - 017468 7570

    BalasHapus