Kamis, 25 Januari 2018

MANFAAT DARI PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS KOMPUTER

MANFAAT DARI PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS KOMPUTER

Bagaimana bisa pengajaran berbantuan komputer ini dimanfaatkan untuk kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Inggris di Indonesia?

Setidaknya ada tiga penggunaan dasar internet yang dapat dimanfaatkan di kelas Indonesia, yaitu: E-mail dan mailing list, news-group, dan World Wide Web (Carrier, 1997).
Penggunaan Internet untuk pengajaran bahasa di sekolah-sekolah Indonesia, meskipun masih terdengar realistis untuk saat ini karena dana yang terbatas baik dari pemerintah dan lembaga pendidikan itu sendiri, mungkin dapat direalisasikan dalam waktu dekat. Hal ini mendesak diharapkan karena penggunaan internet dalam pembelajaran bahasa akan membawa banyak manfaat. Ini akan, misalnya, me-ningkatkan minat belajar siswa, sebagai kesempatan untuk mengoperasikan teknologi baru adalah hal intrinsik yangmenarik untuk remaja. Hal ini penting sebagaimana Gardner dan Lambert (dikutip dalam Cook, 1991) menyatakan bahwa motivasi intrinsik memainkan peran penting dalam meningkatkan keberhasilan belajar. Untuk guru bahasa, juga sangat membantu. Ini memungkinkan guru untuk menciptakan kegiatan dan tugas belajar lebih mudah dan lebih efisien. Selain itu juga akan memperkaya pengetahuan guru dan bisa menginspirasi mereka dengan banyaknya ide - ide yang dapat digunakan untuk meningkat-kan gaya pengajaran dan strategi mereka.

Keunggulan-keunggulan tersebut adalah:
1. Siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar, karena ia dapat menentukan sendiri cara belajarnya.
2. Menciptakan lingkungan belajar yang lebih privat, sehingga siswa dapat belajar dengan penuh percaya diri. Biasanya dalam system pemebelajaan tradisional ketika siswa mengalami kesuliatan dalam belajar ia akan merasa malu karena ketidakmampuannya terekspos kepada teman-temannya, sementara komputer ketika siswa mengalami hambatan dalam belajar, ia tidak akan mengekspos hambatan tersebut.
3. PBBK menyajikan feed-back secara langsung dan kesalahan siswa dalam bahasa dapat dikoreksi secara langsung.
4. Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
5. PBBK memiliki kemampuan untuk memberikan informasi secara berulang-ulang yang hal ini dapat memberikan penguatan sebagai salah satu elemen penting dalam pembelajaran.




Sources:
https://lalahblog.wordpress.com/2012/08/07/pembelajaran-bahasa-berbantuan-komputer/
https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/posting/read/684-postingreadalat-belajar-berbantuan-dalam-pengajaran-bahasa-inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar